Saturday, June 13, 2020

Dosa ini 1000 kali lebih besar dari pada berzina


Salah satu perbuatan dosa besar yang
teramat dibenci oleh Allah adalah zina.

Banyak sekali ayat di dalam AlQur’an yang menjelaskan terkait hukuman yang akan diterima oleh pelakunya baik di dunia apalagi di akhirat kelak.

Zina yang dilakukan oleh seseorang yang belum menikah
maka pelakunya harus dirajam di depan penduduk sebanyak 100 kali. Jika yang berzina sudah menikah maka hukumannya dirajam hingga mati.

Begitu besarnya dosa zina ini, dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwasannya Nabi Musa AS tidak memaafkan pelaku zina karena dianggap sebagai perbuatan yang sangat hina. Nabi Musa AS mengusir pezina wanita yang ingin bertaubat dan meminta petunjuk dari beliau. Hal ini menunjukkan jika zina adalah dosa besar yang sulit terampuni

Meski demikian besar ancaman dosa yang akan diterima oleh pelaku zina, ternyata tidak seberapa dengan dosa yang satu ini. Dimana dosa ini 1000 kali lebih besar dari berzina.

Ancaman bagi pelaku dosa tersebut adalah hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia terlebih akhirat Nntinya. Lalu dosa apakah itu?

Ternyata dosa yang sedemikian besar itu adalah dosa orang yang sengaja meninggalkan salat lima waktu. Salat merupakan kewajiban utama umat Islam yang menjadi pondasi dasar agama Allah ini. Meninggalkannya sama dengan meruntuhkan tiang agama dan membuat Allah SWT menjadi murka. Tidak hanya saat di dunia, hukuman bagi orang yang meninggalkan salat, di akhirat juga sangat pedih.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- berkata,
”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja merupakan dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)

Nabi Muhammad SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (HR.Tabrani).

Dalam riwayat yang lain juga diterangkan bagaiamana kejamnya siksaan bagi mereka yang meninggalkan shalat. Ibnu Abbas r.a. berkata Jika langit sudah terbuka, maka malaikat akan datang dengan membawa rantai sepanjang 7 hasta. Rantai ini akan digantungkan kepada orang yang tidak melaksanakan shalat. Kemudian dimasukkan dalam mulutnya dan akan keluar dari duburnya. Kemudian malaikat mengumumkan, “ini adalah balasan orang yang menyepelekan perintah Allah.” (Ibnu Abbas r.a)

Dosa yang diterima orang yang meninggalkan shalat adalah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sekali meninggalkan shalat shubuh maka hukuman yang didapat adalah masuk neraka selama 30 hari. Satu hari di neraka sama dengan 60.000 tahun berada di dunia. Itu berarti sekali kita tidak melaksanakan shalat shubuh maka akan berada 60 ribu tahun di neraka.

2. Sekali meninggalkan shalat dzuhur, dosanya sama dengan membunuh 1.000 umat islam.

3. Satu kali meninggalkan shalat ashar, dosanya sama dengan meruntuhkan ka’bah

4. Sekali meninggalkan shalat maghrib, dosanya sama dengan melakukan zina dengan ayahnya (jika perempuan) atau dengan ibunya (jika laki-laki)

5. Sekali meninggalkan shalat isya, maka tidak diridhoi oleh Allah untuk tinggal di Bumi dan akan di paksa mencari tempat hidup yang lain.

Sahabat beriman,
Semoga kita semua menjadi orang-orang yang senantiasa mendirikan shalat bagaimana pun keadaannya, melaksanakan shalat tepat waktu dan mengajak sesama muslim untuk melaksanakan shalat..

No comments:

Post a Comment

Rajin shalat Tapi amalnya tidak dicatat malaikat

Rajin shalat Tapi amalnya tidak dicatat malaikat. Beribadah dgn rutin tentu dengan harapan akan mendapatkan amal yg baik, tapi ternyata ad...

Postingan Populer